Install Cisco Packet Tracer On Linux Mint 18



1.PENGERTIAN
Hasil gambar untuk logo cisco packet tracer
 Packet Tracer adalah simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer. Program ini dibuat oleh Cisco Systems dan disediakan gratis untuk fakultas, siswa dan alumni yang telah berpartisipasi di Cisco Networking Academy.

2.LATAR BELAKANG
Latar belakang saya menginstall cisco packet tracer ini adalah sebagai media pembelajaran. Karena sebelum kita melakukan konfigurasi pada realitanya, kita perlu menginstall cisco packet tracer ini, sehingga jika kita menggunakan pada realitanya akan mengurangi tingkat kegagalan dan trouble shootting pada saat konfigurasi nyata.

3.MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan tujuan  saya menginstall cisco packet tracer ini adalah agar saya mengetahui bagaiamana cara menginstall cisco packet tracer ini di laptop saya. Sehingga nanti pada realitanya akan mengurangi trouble shootingnya. sedangkan tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco.

4.ALAT DAN BAHAN

  • laptop
  • koneksi internet
  • file cisco packet tracer
5.JANGKA WAKTU YANG DIBUTUHKAN
Jangka waktu yang dibutuhkan untuk menginstall cisco packet tracer ini adalah 20 menit.

6.TAHAP PELAKSANAAN
-Tahap pertama kita masuk ke terminal dan kita masuk sebagai super user,kemudian kita masuk ke directory tempat kita meletakkan file cisco packet tracer disini saya meletakkan file tersebut di folder Download, jadi saya masuk dengan perintah #cd /home/isna/Downloads


-Kemudian kita lihat apakah file tersebut ada di folder Downloads atau tidak dengan mengetikkan perintah #ls


-Setelah kita lihat dan file tersebut ada, maka langkah selanjutnya kita akan mengekstrak file tersebut dengan perintah
 #tar -zxvf CiscoPacketTracer63_linux.tar.gz


 -Tunggu proses ekstrakkannya, ini tidak akan membutuhkan waktu yang lama kurang lebih hanya membutuhkan waktu selama 5 menit.


-Dan inilah hasil ekstrakanya, nama hasil ekstrakkannya adalah PacketTracer63


-Kemudian kita masuk ke direktory hasil ekstrakkan tersebut dengan periintah #cd PacketTracer/


-Setelah itu kita install dengan perintah #./install kemudian kita tekan enter untuk melanjutkan installasinya.


-Kemudian kita Enter hingga 99%

 -Setelah 99% maka akan muncul pertanyaan, apakahkita menyetujui syarat-syarat dari EULA? jika setuju kita pilih Y dan jika tidak setuju kita pilih N


 -Kemudian untuk pemilihan directory tempat directory cisco packet tracer terinstall, kita langsung tekan enter saja,


-Selanjutnya kita untuk melanjutkan instalasinya kita pilihy kemudian kita tekan enter

 -Maka jika berhasl maka akan muuncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini, kemudian untuk membukannya kita tinggal mengetikkan perintah packettracer kemudian tekan enter


-maka akan muncul gambar seperti pada gambar di bawah ini, maka kita pilih guest login

-Kemudian kita pilih confirm guest untuk melanjutkan konfirmasi instalasinya.


-Maka ini adalah tampilan awal cisco packet tracer, nah disini kita bisa menggunakan ini untuk kita belajar cisco sebelum realitanya.



7.HASIL DAN KESIMPULAN
Hasilnya saya dapat menginstall Cisco PacketTracer di laptop saya, dengan menginstall cisco packettracer kita dapat belajar cisco sebelum pada realitanya. Untuk menginstall ciscoopackettracer ini tidak terlalu sulit,tapi bagaimana kita bisa menoptimalkannya, dan memanfaatkannya.

8.REFERENSI
https://id.wikipedia.org/wiki/Packet_Tracer

0 Response to "Install Cisco Packet Tracer On Linux Mint 18"

Post a Comment

Ilmu ibarat sempax, kita harus menggunakannya, tapi tak perlu memamerkannya..".Tolong klik iklan dong..biar blog nya tetep eksis..Thxs "